Cynodon dactylon (Gritingan)




Klasifikasi
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas        : Commelinidae
Ordo                : Poales
Famili              : Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus              : Cynodon
Spesies            : Cynodon dactylon (L.) Pers.

       Merupakan rumput tahunan, membentuk tikar tebal dengan cara stolons dan rimpang (Gibbs Russell et al. 1991). The batang (batang) berakar pada node yang lebih rendah. Bilah daun diratakan dengan ujung yang tajam, dan berbulu atau berbulu (berbulu). Selubung daun bulat dan berbulu; ligula memiliki cincin rambut atau membran pendek. Perbungaan terdiri dari 3-7 ramping panjang hingga 60 mm. Berbunga waktu dari bulan Maret sampai September.

Habitat
       Cynodon dactylon terdapat pada hampir semua jenis tanah terutama pada tanah yang subur, misalnya tanah liat. Hal ini umum di daerah seperti kebun, pinggir jalan, overgrazed, daerah diinjak-injak, tanah digarap, daerah dengan tingkat tinggi nitrogen, dan sering ditemukan di situs lembab di sepanjang sungai. Sangat cocok untuk budidaya pada kondisi lahan kering.

Penurunan nama dan aspek historis 
        Genus Cynodon Nama ini berasal dari Kuon Yunani, anjing, dan odous, gigi. The dactylon julukan tertentu berasal dari daktulos Yunani, jari, dan mengacu pada perbungaan yang digitate (diatur seperti jari pada tangan). Delapan jenis Cynodon ditemukan di Afrika selatan.

Menggunakan dan aspek budaya 
       Cynodon dactylon mempunyai peranan penting dalam konservasi, karena mencegah erosi tanah. Ini menyediakan penggembalaan yang baik, sangat berguna sebagai rumput rumput dan direkomendasikan untuk melindungi saluran air. Dalam pengobatan tradisional itu digunakan untuk gangguan pencernaan dan pengobatan luka. Menurut tradisi Venda tua, digunakan dalam proses fermentasi untuk membuat bir asam.

Tumbuh Cynodon dactylon
       Sangat mudah untuk menanamnya di kebun sebagai rumput rumput dan bahkan untuk padang rumput pertanian. Namun, tidak dianjurkan untuk solusi jangka pendek, karena sangat sulit untuk memberantas. Couch rumput cocok untuk halaman rumput permanen dan benih dengan baik.
     Sulit untuk mengontrol mekanis dan karena itu merupakan masalah gulma di lahan budidaya. Meskipun tidak menghasilkan massal banyak, nilai pakan yang tinggi dan tumbuh cepat.
      Beberapa hama bergantung padanya untuk makanan, tetapi mereka tidak mempengaruhi pertumbuhan rumput ini. Penggembalaan menghambat pertumbuhan rumput ini.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar sobat akan sangat membantu, please don't spam!!.