Cara Menghubungkan Laptop ke TV

Pernahkah sobat ingin memperlihatkan foto, video, game, dan sebagainya dengan sobat yang lain ataupun keluarga? Tapi masalahnya mereka agak sulit untuk memperlihatkan kepada mereka secara 
bersamaan kalau dengan ukuran laptop yang kecil. Apalagi kalau mereka ingin melihat dalam jangka waktu yang lama. Mau pakai LCD juga bisa, tapi bagaimana kalau LCD tidak ada sementara sobat hanya mempunyai TV? Bukankah jauh lebih baik sehingga semua orang dalam menonton dengan mudah dan nyaman?
Dalam postingan ini chykoe akan menjelaskan cara menghubungkan laptop atau PC ke TV sobat (bukan TV tetangga y...hehe).
Ada berbagai cara yang berbeda sehingga sobat dapat menghubungkan komputer sobat ke TV. Semua akan melibatkan penggunaan berbagai jenis kabel. Kabel mana yang sobat gunakan akan tergantung pada beberapa faktor yang berbeda:
1. Apa jenis koneksi PC laptop sobat.
2. Apa jenis koneksi TV sobat.
Berikut ini adalah daftar berbagai jenis kabel/koneksi sobat yang akan dipilih dengan kualitas gambar mulai dari yang tertinggi ke terendah.


1. HDMI
2. DVI
3. VGA
4. S-Video
5. Komposit/RCA

1. "High Definition Multimedia Interface" atau HDMI adalah koneksi kualitas tertinggi saat ini. Semua HDTV akan memiliki sambungan ini meskipun kemungkinan laptop atau komputer tidak bisa. Jika sobat kebetulan memiliki koneksi HDMI pada komputer sobat maka gunakan segala cara untuk mendapatkan koneksi ini. Jika sobat tidak memiliki HDMI pada komputer sobat, sobat dapat menggunakan adaptor untuk mengkonversi HDMI ke DVI.

2. DVI singkatan dari "Digital Video Interface" dan telah cukup banyak menjadi standar untuk menghubungkan monitor komputer sejak sekitar tahun 2003. Komputer sobat kemungkinan besar akan memiliki koneksi ini. HDTV juga harus memiliki koneksi ini. Jika sobat ingin menggunakan audio dengan koneksi DVI, sobat harus menggunakan kabel audio terpisah. Sebuah kabel dari output telepon terhubung ke audio merah dan putih di di TV sobat akan bekerja hebat!

3. VGA atau "Video Graphics Array" koneksi sambungan video yang paling umum ditemukan di laptop dan PC. HDTV mungkin memiliki koneksi VGA yang berarti sobat hanya perlu menghubungkan kabel antara komputer sobat dan televsion. Namun, televisi lebih tua tidak akan memiliki koneksi VGA dan akan memerlukan PC untuk konverter televisi. Ada konverter USB yang memungkinkan sobat untuk menggunakan metode ini. Sama seperti DVI, VGA tidak membawa sinyal audio. Hanya menggunakan metode yang sama dari atas untuk menghubungkan output audio dari telepon Anda.

4. S-Video atau "Video Super" telah ada selama beberapa waktu saat ini. Beberapa laptop dan komputer grafis kartu akan memiliki koneksi S-Video. Kebanyakan televisi juga akan memiliki koneksi S-Video. Ini bukan sambungan kualitas terbaik tetapi juga yang tidak kualitas terendah. 

S-video memiliki keterbatasan audio yang sama seperti dua contoh di atas. Sekali lagi, hanya menggunakan output telepon sobat dan telepon untuk kabel RCA atau adaptor.

5. Koneksi komposit, kadang-kadang disebut sebagai koneksi RCA, adalah koneksi kuning, merah, dan putih. Merah adalah audio analog kanan, dan putih yang tersisa analog audio. Kuning video komposit. Ini akan menjadi sambungan yang berkualitas terendah untuk digunakan. Jika komputer sobat tidak memiliki koneksi RCA, sobat dapat menggunakan RCA ke S-Video kabel. Menghubungkan laptop atau PC ke televisi sobat sangat sederhana. Hanya memeriksa kedua komputer sobat dan televisi untuk mengetahui apa koneksi yang mereka memiliki kesamaan. Jika secara kebetulan beberapa sobat tidak memiliki koneksi yang cocok, sobat dapat membeli adapter untuk membuat koneksi sobat sesuai dengan jenis.

Setelah Anda melewati tahap secara fisik menghubungkan komputer sobat ke televisi sobat, sobat harus memilih input yang benar pada TV sobat. Sama seperti ketika menggunakan DVD player, pilih sambungan komputer sobat menggunakan remote. Cara ini biasa kita pakai seperti AV1 atau AV2 yang harus sobat lihat di layar televisi.

Jika gambar sobat tampak terdistorsi, gunakan pengaturan piksel pada TV atau mengubah resolusi. HDTV baru akan memiliki beberapa pengaturan resolusi yang berbeda. TV tua mungkin hanya memiliki satu pengaturan resolusi. Dalam hal ini, sesuaikan resolusi komputer sobat sampai gambar terlihat baik.

Setelah mengikuti langkah di atas, sobat akan berbagi media pada TV dalam waktu singkat. Tidak ada yang lebih baik dari frame 50 di tengah-tengah ruang tamu sobat.

17 komentar:

{ Everything will flow } at: August 27, 2011 at 11:26 AM said...

bermanfaat sekali sob postingnya, thx for share.

{ cHykoe } at: August 28, 2011 at 4:02 PM said...

yup, sama2..thanx ^_^

{ Rockeryck } at: August 29, 2011 at 4:06 PM said...

thanx infonya cest.......
makin zukzez aja nih.....

{ cHykoe } at: August 29, 2011 at 9:33 PM said...

sm2..:) tq

{ My Reza } at: October 15, 2011 at 7:43 AM said...

ok, trims

{ cHykoe } at: October 16, 2011 at 5:59 PM said...

Yup, trims kembali..

{ mimisiku } at: October 27, 2011 at 5:01 AM said...

chykoe...

aku mau nanya nih. gimana kalo tvku model yang lama, CRT yang hanya punya colokan untuk kabel RCA yang warna merah kuning dan putih.

sedangkan laptopku cuma punya colokan VGA. saya sudah beli kabel tapi ternyata salah krn yang satu ujungnya VGA, ujung satunya lagi kabel RGB (red green blue).

sudah saya coba tapi yang muncul adalah blue film alias layar biru.

jadi gimana ya? thanks before ya, ditunggu jawabannya.

{ cHykoe } at: October 29, 2011 at 9:30 AM said...

@mimisiku: coba gunakan kabel S-Video atau VGA,trus setting pengaturan jika menggunakan OS Windows 7, klik kanan pada Desktop dan pilih "Screen Resolution",Kemudian klik pilihan "Try to connect anyway on VGA”.,Jika sudah, click "OK", dan gambar akan ditampilkan di layar TV. jangan lupa setting resolusi layar di komputer jika gambar belum tampil di layar TV.,dan jika OS-nya menggunakan Windows XP,klik kanan di Desktop dan pilih "Graphics Options", kemudian pilih "Output to an external monitor". Jika semuanya terpasang dengan benar, maka gambar akan ditampilkan di layar TV..
untuk audio dengan kabel S-Video ataupun VGA, sambungan kabel Auido-nya pasang secara terpisah,.Kabel yang dibutuhkan untuk menyambungkan audio komputer dengan TV, gunakan kabel RCA 3.55 mm dengan panjang 1.5 m. Cara penyambungannya yaitu pada ujung yang satu dipasang di komputer PC/Laptop pada sambungan yang biasanya digunakan untuk Speaker, sedangkan pada ujung yang satunya lagi, yang disambungkan ke TV, pasangkan pada bagian audio input.
Kabel audio biasanya menggunakan warna merah dan putih yang menandakan speaker kiri dan kanan, jadi pastikan untuk memasang kabel dengan bagian yang benar.
Semoga cara diatas bisa sedikit membantu... thanx..

{ adi } at: November 8, 2011 at 7:37 PM said...

chykoe..

aq mo nanya nih..
1. apakah bisa menggunakan kabel s-video ke komponen untuk menghubungkan laptop ke TV LCD?? atau kabel s-video ke hdmi?? bagaimana dengan kualitas gambarnya??
2. apakah bisa menggunakan kabel ieee 1394 ke HDMI??

thanks before ya...

{ cHykoe } at: November 11, 2011 at 1:13 AM said...

@adi: sebelumx chykoe mw nanya dlu.., S-Video port kabel 4-pin or 7-pin yg ada pada laptop adi??? tlg pastikan dlu.. cz, media ini ga akan bekerja jika laptop/PC adi dilengkapi dgn 7-pin, zmentara TV/LCD Anda hanya memiliki 4-pin S-VIdeo port,makax harus dipastikn dlu.

Klw chykoe ga salah kabel ieee 1394 itu jenis kabel data yang mampu mengirim data hingga 400 megabit per detik (Mbps) ya??. trus mw digunakan ke HDMI???
Saran chykoe mending gunakan DVI ke HDMI aja.. alasanx krna chykoe dah sukses menggunkan DVI,jdi malas coba yg laen... he..he..he...

{ Siti } at: May 30, 2012 at 2:40 PM said...

Yang pake kabel rca koneksi komposit itu maksudnya gimana ya ?

di laptop saya nggak ada rca nya

{ cHykoe } at: May 31, 2012 at 11:07 PM said...

Jika laptopnya Siti tidak memiliki koneksi RCA, Siti dapat menggunakan RCA ke S-Video kabel seperti gambar diatas

{ 3Site } at: June 3, 2012 at 10:53 AM said...

laptopku cuma ada colokan vga nya,, gmana cara menghubungkan ke tv biasa yg cuma ada input video (kuning) ama input audio(merah+putih)??

{ Fooadh } at: August 23, 2012 at 10:34 AM said...

tv ku tdk ada vga/rgb, cuma ada hdmi dan s-video. Bisa dr vga/rgb ke hdmi? Adakah yg mnjual kabel konexi spt itu?

{ Yokie } at: August 26, 2012 at 11:03 AM said...

chyko mu tanya nih. laptop saya hanya ada port VGA card dan TV LCd HDMI. saya sudah beli conector HDMI to VGA card dan sudah setting tetapi tidak muncul pd layar TV. knp ya ? trims

Anonymous at: September 29, 2012 at 3:28 AM said...

aku punya kabel VGA dan sudah tersambung dari laptop ke LCD TV dan aku pilih AV tapi muncul tidak ada sinyal di LCD TV mohon pencerahannya

Anonymous at: October 17, 2012 at 7:25 AM said...

jazakillah khairon

Post a Comment

Komentar sobat akan sangat membantu, please don't spam!!.